by

Puncak Sibarat Suguhkan Panorama Alam Pegunungan di Kaki Gunung Slamet

-Wisata-49 views

Puncak Sibarat Suguhkan Panorama Alam Pegunungan di Kaki Gunung Slamet. Jawa Tengah bukan hanya terkenal karena budaya ada Jawa dan kulinernya, namun memiliki berbagai potensi daerah yang bisa dikunjungi sebagai alternatif wisata. Hampir semua wilayahnya memiliki tempat wisata yang sangat memanjakan wisatawan yang berkunjung

Termasuk salah satunya wilayah Purbalingga, yang memiliki berbagai wisata kekinian sangat cocok untuk alternatif wisata bagi keluarga, bisa juga memanjakan kepuasan swafoto atau slefie atau bagi Anda yang hobi fotografi bisa mengambil spot-spot terbaik di wisata purbalingga.

Puncak Sibarat di desa Wisata Gunungwuled menjadi salah satu tempat wisata Kekinian di Purbalingga yang wajib di kunjungi di akhir pekan bersama keluarga

Rute dan Lokasi Puncak Sibarat

Puncak Sibarat merupakan destinasi wisata yang mengedepankan spot selfie kekinian di Purbalingga, rute dan lokasi Puncak Sibarat yang berada di desa wisata Gunungwuled, Rembang, tepat berada di kaki gunung Slamet, tentu saja menyuguhkan panorama alam pegunungan di ujung timur Purbalingga, berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara.

Puncak Sibarat berjarak tempuh 20 km dari Kota Purbalingga dengan waktu tempuh 40 menit hingga 1 jam perjalanan menuju ke Desa Sumampir, lalu dilanjutkan menuju ke Desa Tanalum, hingga sampai di dusun Pucung Rumbak

Anda akan menemukan pertigaan, kemudian belok kekanan dan ikuti jalan dan Anda akan sampai di di Desa wisata Gunungwuled yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tenang, jalan sudah mulus, karena sudah diaspal. Hanya harus tetap hati-hati, karena melewati jalan berkelok dan sesekali cukup curam.

Nikmati perjalanan, Anda bakal disuguhi panorama alam yang cukup memikat hati. Pepohonan hijau berjejer nan rapi di perkebunan warga sekitar. Sesekali, hijau pepohonan berganti hamparan hijau sawah. Sesampainya di Gunungwuled, Anda harus menuju Dusun Bawahan.

Baca Juga : 4 Taman Bunga di Yogyakarta Spot Selfie yang tepat di Hari Libur

Desa Gunungwuled belum setenar desa wisata lainnya, dan baru dibuka sebagai desa wisata pada 7 Mei 2017 silam.

Sampai di permukiman warga, parkirkan kendaraan di lahan parkir yang sudah tersedia di sekitar permukiman warga. Keramahan warga akan membuat Anda semakin betah di desa yang sejuk ini.‎‎

Karena untuk menuju loket tiket Anda melewati perumahan warga nan ramah. Biaya masuknya sangat terjangkau, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 2 ribu untuk parkir, dan 5 ribu untuk spot wisata.

Selesai ambil tiket, langsung saja menuju Puncak Sibarat, tidak perlu takut lelah. Karena meskipun namanya puncak, tapi Anda cukup berjalan selama kurang lebih 15 menit.

Langkahkan kaki dengan santai menyusuri jalan setapak di antara perkebunan warga. Paduan nyanyian alam antara serangga, ranting pohon dan dedauan yang menari-nari dibelai angin, semakin menambah ketenangan alam yang indah.

Baca Juga : Tempat Wisata Terfavorit di Kota Kendari

Puncak Sibarat

Sesampainya di puncak, lelah dan sedikit keringat yang sempat mengalir, akan terbalas. Sepoi angin akan membelai dengan lembut. Diiringi nyanyian alam yang semakin terasa. Serta Panorama alam, hijau membentang, dengan bukit-bukit di bawahnya. Bendung Mrican Kabupaten Banjarnegara juga terlihat jelas dari puncak saat cuaca cerah loh.

Selain menikmati keindahan dan kesegaran alamnya, jangan lupa abadikan momen bersama sahabat atau keluarga di bukit nan indah ini. Segera saja keluarkan ponsel pintar dan pasang tampang paling manis.‎ Karena ada beberapa spot yang asyik di puncak Sibarat ini. Seperti umah kewalik, balkon dari bambu, atau ruang tamu dari bambu yang asyik untuk menikmati indahnya alam Purbalingga.

Paket Wisata

Selain wisata siang hari, tersedia juga paket wisata dusun Bawahan. Cukup dengan Rp 250-300 ribu per orang (minimal 5 orang), Anda dan keluarga sudah bisa menikmati wisata selama dua hari satu malam di dusun Bawahan.

Paket wisata yang ditawarkan tentu dengan beragam fasilitas. Di antaranya, Anda tidak perlu bingung mencari perlengkapan camping atau tempat menginap. Pasalnya, sudah disediakan perlengkapan camping lengkap untuk berkemah di puncak Sibarat atau homestay (tergantung permintaan), lengkap dengan makan sebanyak 3 kali.

Baca Juga : Tempat Wisata Menarik Di Kota Probolinggo

Berburu Sunrise

Puncak sibarat juga menjadi salah satu tempat asik untuk hunting sunrise dan bagi Anda yang suka camping, tersedia camping ground yang mampu menampung puluhan tenda. Selain itu, paling asyik menikmati lampion tengah sawah malam hari.

Keindahan Puncak Sibarat terekspos di media sosial, berada disebuah bukit berketinggian 620 mdpl ini sekarang diberi spot spot foto kekinian.

Pemandangan dari atas puncak sibarat ini juga menyegarkan mata, karena hamparan Gunung Sindoro dan Gunung Ssumbing serta hijaunya hutan pinus disekitar Puncak Sibarat

Lampion Tengah Sawah dan Curug Panyatan

Spot lain yang jangan sampai terlewatkan adalah lampion lampion yang berada di tengah sawah. Lokasinya masih satu kawasan dengan puncak sibarat ini.

Kalau sudah merasa cukup puas dengan si puncak Sibarat, jangan langsung bergegas pulang. Kembali turuni jalur pendakian, susuri jalan menuju Curug Panyatan. Lelah Anda selama di puncak akan terbayar lebih dengan kesegaran air terjun yang jernih. Debur air terjun juga akan membuat suasana semakin damai.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed